Jumat, 18 Mei 2018

Cara flashing Advan S5P menggunakan DFU Tool

  Idedroid       Jumat, 18 Mei 2018
www.idedroid.com | Cara flashing Advan S4P menggunakan DFU Tool - Semua pengguna android sudah pasti pernah mengalami kerusakan android baik kerusakan berat maupun kerusakan ringan. Kerusakan berat yaitu kerusakan yang diharuskan membuka semua penutup dan membongkar motherboard untuk mengganti komponen yang sudah tidak berfungsi lagi dengan komponen yang baru. Kerusakan ringan adalah kerusakan yang biasa terjadi seperti bootloop (hanya berhenti di logo), lupa pola, lupa kode telepon, terkena virus yang menyebabkan aplikasi ter-instal secara otomatis, aplikasi sering berhenti dengan sendirinya, munculnya pesan "sayangnya com.android telah berhenti".
Cara flashing Advan S5P

Pada artikel ini www.idedroid.com akan membahas persoalan diatas mengenai permasalahan ringan yang disebabkan oleh kerusakan system android yang diharuskan untuk melakukan flashing. Melakukan flashing bisa saja dilakukan apabila  smartphone anda mengalami kerusakan sebagai berikut:
  • Lupa pola
  • Bootloop
  • Aplikasi berhenti secara tiba-tiba
  • Smartphone anda mati secara tiba-tiba
  • Aplikasi ter-instal secara otomatis
  • Kinerja smartphone terasa berat saat load dll
Jika anda mengalami hal seperti yang disebutkan diatas jangan panik karena permasalahan diatas hanyalah kerusakan ringan yaitu kerusakan system android dan dapat diatasi dengan melakukan flashing. Pada artikel ini kita akan sama-sama mempraktekkan cara flashing Advan S5P menggunakan DFU Tool yang mengalami kerusakan seperti yang disebutkan diatas silahkan ikuti petunjuk dan cara-cara melakukannya. Hal yang pertama dilakukan adalah menyiapkan bahan-bahannya. Silahkan persiapkan bahan-bahannya seperti dibawah ini.

Bahan-bahan:
  • Komputer/Leptop, Kabel data USB
Setelah download bahan-bahan diatas maka anda akan siap melakukan flashing dengan langkah-langkah dibawah ini. Perlu di ketahui bahwa melakukan flashing dapat menghapus semua data yang tersimpan pada internal atau yang tersimpan pada penyimpanan telepon. Saya sarankan untuk membackup semua file yang anda anggap penting saja. Mengapa hal ini bisa terjadi? karena flashing akan mengganti kustom rom dengan yang baru dan itu artinya smartphone Advan S5P anda akan kembali seperti anda membeli baru yaitu semua pengaturan akan menjadi defaul baik itu aplikasi, tema dll.
Baca juga: Cara Flashing Advan S5E 4G dan S5E 4GS via QGDP Tool

Cara melakukan flashing:
  1. Download semua bahan-bahan diatas kemudian jadikan dalam satu folder supaya mudah di ingat dan mudah dicari.
  2. Exstrak semua file baik itu Driver, Tool dan firmware yang ber-extensi zip atau rar
  3. Instal driver karena driver berfungsi untuk mendeteksi device di komputer/leptop
  4. Instal DFU Tool yang sudah didownload tadi, ini berfungsi sebagai alat flashing
  5. Setelah semua sudah terinstal silahkan jalankan DFU Tool dengan cara klik kanan Run as administrator
  6. Klik pada tombol Browser kemudian masukkan firmwarenya yaitu file images yang ada didalam folder firmware maka firmware akan tersusun dengan sendirinya.
  7. Setelah firmware telah tersusun dengan sempurna sekarang silahkan klik Download yang berlogo petir warna merah di bagian kiri atas untuk memulai proses flashing
  8. Setelah anda meng-klik tombol Download maka akan muncul jendela bar yang bergambar komputer dan smartphone, Sekarang matikan Advan S5P anda kemudian tekan dan tahan tombol volume Up dan volume Down secara bersamaan sambil menghubungkan Advan S5P ke PC/Leptop menggunakan kabel USB
  9. Proses flashing berjalan silahkan tunggu sampai proses flashing selesai
  10. Jika muncul pesan "Device download completed!" dan bar berubah warna menjadi hijau, itu artinya bahwa proses flashing berjalan dengan baik dan sekarang anda dapat menghidupkan kembali smartphone Advan S5P anda
  11. Selesai...!
Setelah semua proses berjalan dengan baik maka smartphone anda akan kembali membaik seperti sediakala, namun bisa saja proses tidak berhasil hal ini dikarenakan ada kesalahan baik itu kesalahan file firmware yang tidak sesuai, driver yang tidak ter-instal dengan baik dll. saya rekomendasikan untuk me-restart ulang komputer anda setelah meng-instal driver maupun tool.

Catatan:Hal yang perlu di perhatikan saat terjadi kegagalan saat melakukan flashing adalah:
  • Periksa kabel USB jangan sampai terganggu atau konslet karena dapat menyebabkan putus hubungan antara device dengan komputer/leptop
  • Periksa jenis firmware pastikan sama dengan perangkat anda
  • Restart ulang komputer/leptop setelah melakukan instal driver maupun Tool
  • Jika terjadi bootloop lakukan wipedata/factory reset
Baca juga: Cara Flashing menggunakan SP Flash Tool
Melakukan flashing memanglah mudah tetapi tidak semudah yang kita bayangkan karena ada banyak hal yang perlu di perhatikan. Jika mengalami sedikit kesalahan maka proses akan gagal. Kegagalan dalam melakukan flashing sebenarnya bukan kesalahan fatal karena anda hanya melakukan flashing dari awal lagi hingga proses berjalan dengan baik maka smartphone Advan S5P anda akan kembali normal beserta kerusakan yang di derita sebelumnya akan hilang dan kembali normal bersama dengan berhasilnya proses flashing.

Demikianlah artikel saya ini www.idedroid.com yang membahas tentang Cara flashing Advan S5P menggunakan DFU Tool akan saya akhiri sementara kemudian kita akan membahas panduan lainnya pada artikel yang lain namun tetap pada tema yang sama yaitu memperbaiki smartphone anda dari masalah-masalah kerusakan terkait smartphone tersebut. Semoga artikel ini menjadi manfaat untuk anda dan untuk kita semua, Wassalam...
logoblog

Thanks for reading Cara flashing Advan S5P menggunakan DFU Tool

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana menurut anda tentang artikel ini? Apakah artikel ini bermanfaat?
Tuliskan pendapat anda tentang artikel ini atau jika ada pertanyaan yang ingin disampaikan kepada kami. Masukan anda akan membantu www.idedroid.com menjadi lebih baik. Salam Admin (Arya : Ide Droid)